Rabu, 03 Juli 2019

Cara Beternak Bebek Petelur bagi pemula

MOJOSARI, HOBITERNAK.COM-

Cara beternak Bebek Petelur bagi pemula :

  1. Tentukan jenis bebek
  2. Siapkan lokasi yang tidak terlalu dekat dengan keramaian
  3. Tentukan kandang bebek dan model yang cocok
  4. Atur suhu, kelembaban, penerangan dan kebersihan kandang
  5. Beli bibit bebek yang unggul dan berkualitas
  6. Rawat bibit bebek dengan benar sesuai dengan aturan
  7. Pemberian pakan yang berkualitas
  8. Pemberian obat dan vitamin
  9. Perhatikan masa kawinnya
  10. Panen
  11. Pasca panen

Pembuatan Kandang untuk Budidaya Bebek 

Untuk kandang bebek petelur sebaiknya memenuhi beberapa persyaratan yaitu lokasinya jauh dari kebisingan atau keramaian, mudah menemukan air, aman dari berbagai gangguan hewan buas. Contoh model kandang yang sering kita temui adalah :
  • Kandang Bebek Panggung

Kandang Bebek Petelur Modern
Kandang Panggung
Model kandang ini cukup baik bagi bebek petelur karana kandang selalu kering dan resiko terkena penyakit lebih kecil. Namun model kandang ini juga memiliki kelemahan yaitu bebek akan kekurangan mineral yang didapat dari tanah. Selain itu kandang juga harus selalu dibersihkan karena pasti kotoran bebek akan menempel ke lantai panggung. Kandang bebek model panggung sangat cocok digunakan untuk daerah yang memiliki kondisi geografis tanah basah dan kelembapan yang tinggi.
  • Model Kandang Sistem Lantai (litter)

usaha ternak bebek
Kandang bebek model lantai
Model kandang sistem lantai digunakan untuk daerah yang kondisi geografis tanah berpasir atau kering dan pada daerahnya memiliki sifat tanah dengan daya serap yang tinggi.
  • Model Kandang Bebek Petelur Sistem Baterai

ternak bebek petelur
Kandang Baterai
Model kandang ini biasa disebut dengan kandang individual. Kenapa bisa begitu? Karena dalam satu kandang hanya terdapat satu bebek saja. Kandang baterai dikumpulkan jadi satu tempat lalu diberi atap dan dibagian dindingnya di beri pagar dengan bahan dasar bambu atau kawat.
  • Kandang Gabungan Sistem Lantai dan Panggung

Model kandang ini adalah gabungan dari sitem lantai dengan panggung. Kandang sistem lantai digunakan untuk umbaran pada saat siang hari dan model panggung digunakan untuk bebek beristirahat.
Beberapa model kandang tersebut dapat dilengkapi dengan kolam atau danau buatan agar bebek tetap merasa senang di dalam kandang. Kandang juga tidak harus luas, kalau Anda ingin perawatan sistem intensif Anda juga dapat beternak bebek petelur di lahan sempit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar