Senin, 01 Juli 2019

Ayam Sentul adalah Ayam lokal khas Ciamis

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sudah bukan rahasia jika KEPRAKS adalah contoh kelompok peternak yang sukses menjadikan ayam kampung sebagai primadona dunia peternakan Indonesia. Namun, apakah Anda sudah tahu jenis ayam kampung apakah yang bisa dijadikan referensi?

Dalam usahanya, H. Ade M Zulkarnaen selaku Ketua Umum Himpunan Peternak Ayam Lokal Indonesia memilih ayam Sentul sebagai aset usahanya. Ayam Sentul adalah ayam lokal khas Ciamis yang memiliki berbagai keunggulan, ayam ini pada mulanya dipelihara sebagai ayam aduan, namun sekarang ayam tersebut banyak dipelihara sebagai ayam pedaging dan petelur.

Jenis ini terdiri dari 5 varietas berdasarkan warna bulunya. Kelima varietas tersebut yakni Sentul Kelabu (berwarna abu-abu), Sentul Geni (berwarna abu-abu kemerahan), Sentul Jambe (berwarna merah jingga), Sentul Batu (berwarna abu-abu keputihan), Sentul Debu (berwarna debu), dan Sentul Emas (berwarna abu-abu kekuningan). Warna ayam Sentul cukup menarik, polanya mirip sisik naga.

Sepintas ayam Sentul tidak berbeda dengan ayam kampung biasa, tetapi ia memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah :


Pemeliharaan lebih mudah,
Warna bulu menyerupai ayam hias,
Lebih tahan penyakit,
Rasa daging dipercaya lebih gurih dan kenyal,
Bertelur lebih banyak (18-19 butir) dari
ayam kampung biasa (13-14 butir), dan
Cepat diserap pasar, sehingga baik untuk para peternak rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar